ASAL MUASAL KUNTAU SEMENDE DALAM CERITE
ASAL KUNTAU SEMENDE DAN ASAL KATE PAGAR RUYUNG
apekah sandi pagaruyuan minang..? apekah sandi pagaruyung lahat atau bukan due2 nye berbicare asal kuntau semende banyak versi cerite sandi para guru, ade guru ye keruan ade pule ye dikde keruan, namun berdasarkah perjalann napak tilas ke para guru2 kuntau sepuh yg masih beduduk yg pernah penulis temui, rate2 cerite nye ampir same versi kirepun berbeda sangat tipis bahwasanye kuntau berasal sandi padang, yg di bawe li salah satu tokoh yg berjulukan sutan pamencak dan itulah sgka ade hubungan dgn kate PAGARUYUNG, berkemungkinan dgn adenye kalimat pagaruyung itulah pule ahirnye ngepas kepade cerite bahwesanye kuntau semende berasal sandi padang ( minang ) dan betumbukan pule nga name guru kuntau ye bename be julukan sutan pamencak, serta gerakan kuntau semende pun hampir sama dgn gerakan silat minang ( wallahu alam ) ade pule yg menceritekah kintau sandi cine karne ade kate2 kun taw/kun tao bahkan ade keterkaitan dgn arab bahkan india namun ade bebehape ahli kuntau semende yg pernah penulis temui pule baik itu memang guru kuntau pernah ngajar maupun ade yg ahli/pacak kuntau tapi die dikde ngajar, sedikit hampir same dgn hasil metafisika yg pernah di dapat penulis ade sedikit kesamaan cerite yg sangat menarik, namun selame ini penulis masih ragu untuk menyampaikah ( krne sedikit berbanding terbalik dgn cerite yg selame ini santer kite dengar dan ketahui ) dan demi berbagi pengalaman malam ini dgn mengucap bismilah kah penulis ceritekah cuma sblm nye permohonan maaf ku sampaikah apebile yg di dlm cerite ini dikde berkecocokan dgn pengalaman para guru, para sahabat pecinta seni budaye kuntau semende.... KUNTAU SEMENDE ade bebehape pembawean 1. pagar tinggi 2.pagar rendah 3 pagar ruyung ade pule guru yg nyebutnye 1.padang tinggi,2 padang rendah 3 padang ruyung -tinggi artinye pembawean si pekuntau kude2 tegak main pucuk - rendah artinye pembawean si pekuntau kude2 endap main bawah ( ampir merayap di tanah ) - pagar ruyung artinye pembawean si pekuntau kude2 sedang namun sedikit ruyung/tunduk mgke disinilah kite dapatkah kate2 PAGARUYUNG yg di ceritekah guru dgn kate lain KANDANG RUYUNG) bukan pagaruyung padang atau pagaruyung yg ade di lahat, kebetulan penulis pernah datangi kesene, dan didke bedie hubunganye... berbicare kandang ruyung/pagaruyung rate2 bahkan hampir sedakdenye untuk di daerah marge sekampung para guru mengajarkah dgn pembawean kude2 tersebut yaitu posisi kude2 sedang, tinggi ige dikde endap ige dikde ) berdasar pengalan penulis ade bebeghape guru pule menceritekah bahwe sutan pamencak mengajarkah kuntau kepade ke bebehaoe murit namun yg terkenal yaitu guru agub yg ahirnye menyebarkan di dareah marge wai tenung, guru tembikil ke daerah marge sekampung, serte para murid nye yg hapat tecerite guru muhamad ani, guru retamin, dll namun kepade para murid nye tersebut dulu hanya mengajarkah jurus tangan kosong yg ahirnye di kuntau semende bename sambut buang, adepun mengenai senjate pisau due lah atas kreasi sandi guru2 yg pernah menjadi murid sultan pamencak sebagai senjate yg ahirnye menjadi senjate khas di dlm kuntau semende Dan disini pule penulis kah becerite sedikit sejarah kuntau semende yg di dpt sandi cerite sandi bebehape alm guru sepuh pule yg pernah di temui penulis yg agak berbeda , namun hampir same nga hasil cerite yg di dpt dri perjalanan metafika bahwasanye : KUNTAU SEMENDE berawal sandi penemun langsung bebeghape guru ' ame mbaini kite myebutnye lah puyang ' Yg bermule di dapat para guru melalui sunggutan yaitu setengah mahluk astral ye menyerupai hewan harimu kumbang, beruk tinggal , siamang putih hitak tangan , siamang hitam putih tangan ( DEDIWEAN ame pribase ninik setupan ( beliau slh satu guru penulis yg meninggal di umur cukup sepuh sekitar kirang lebih 120 tahunan , beliau mantan kepale gn merakse asal aik petai wai tenung) yg ahirnye sandi 4 mhaluk mirip hewan yg menyerupai harimau kumbang, behuk tunggal, siamang itu di dapat tehnik2 kuntau semende 1. setue kumbang di dapat tangkap dan lompatan 2. behuk tunggal di dapat care besilek/ngelak ) 3.4 siamang putih itam tangan, siamang itam putih tangan di dapat pukul dan tangkapan, dan begulilk krne yg due ini ghapat betarung ) dari 4 macam itulah ahirnya tersebutlah kata2 SUNGGUTAN PEMENCAK, yg ahirnya mandak kalimat lagi te adak menjadi SUTAN PEMENCAK ( yaitu kependelan dari kata sunggutan pemencak )( wallahualam bisawab ) Namun dari hal ini apabila kite sambungkah kpd sejarah buktu ilmiah atau fakta, sutan pemencak smpai saat ini blm kite ketawi dimane nian asal beliau itu, ame die jme luk kite pastilah ade anak keturunanye, ame die di padang pastilah ade asal dusunye dan sedikit informasi di padang pun dikde bedie, aliran silat yg memakai senjate pisau due, satu pertanyaan lagi di padang apekah julukan raje atau tokoh dgn sebutan sultan ( untuk hal itu penulis blm mengetahui mungkin keterbatasan pengetahuan penulis ) Dan kembali berbicare 4 sunggutan ada pule keterhunganye antera cerite tsb dgn bukti cara ritual sblm melakukan beduduk kuntau bahwasanya setiap akan beduduk kuntau pasti 4 sunggutan pemencak itu di sebut dalam ritual bukak belabar dan di kaitkan juga dgn pesan salah satu guru penulis pernah di sampaikan sunggutan oemencak badah tunak di belabar gaib dusun kelam gunung dempo namun nasip2n pacak betemu ame melihat njak pesan tsb lah jelas ame ndak betemu nga sunggutan pemencak bkn di daerah padang/minang ( walahu alam bisawab mungkin beda antare sutan pemencak dan sunggutan pemencak ) para sahabat pecinta seni budaye kuntau semende yg aku hormati, itulah sedikit berbagi cerite berdasarkan pengalaman ku sbg penulis yg aku dapat dari beberapa sumber, yg mne sumber itu ade yg njak guru masih beduduk ( idup ) ade yg lah ninggal, dan hal ini blm menjadi final, masih kah terus di cakae sejarah yg lebih pas lagi, namun yg terpenting bukan lah sejarah nye sje namun pelestarian nyate nye yg ndak kite jalankah wasalamualaikum warahmatullah wabarukatuh dewan pendiri/ketue pergurian LASKAR KUNTAU SEMENDE (lantum) ttn IRSI JAYA
apekah sandi pagaruyuan minang..? apekah sandi pagaruyung lahat atau bukan due2 nye berbicare asal kuntau semende banyak versi cerite sandi para guru, ade guru ye keruan ade pule ye dikde keruan, namun berdasarkah perjalann napak tilas ke para guru2 kuntau sepuh yg masih beduduk yg pernah penulis temui, rate2 cerite nye ampir same versi kirepun berbeda sangat tipis bahwasanye kuntau berasal sandi padang, yg di bawe li salah satu tokoh yg berjulukan sutan pamencak dan itulah sgka ade hubungan dgn kate PAGARUYUNG, berkemungkinan dgn adenye kalimat pagaruyung itulah pule ahirnye ngepas kepade cerite bahwesanye kuntau semende berasal sandi padang ( minang ) dan betumbukan pule nga name guru kuntau ye bename be julukan sutan pamencak, serta gerakan kuntau semende pun hampir sama dgn gerakan silat minang ( wallahu alam ) ade pule yg menceritekah kintau sandi cine karne ade kate2 kun taw/kun tao bahkan ade keterkaitan dgn arab bahkan india namun ade bebehape ahli kuntau semende yg pernah penulis temui pule baik itu memang guru kuntau pernah ngajar maupun ade yg ahli/pacak kuntau tapi die dikde ngajar, sedikit hampir same dgn hasil metafisika yg pernah di dapat penulis ade sedikit kesamaan cerite yg sangat menarik, namun selame ini penulis masih ragu untuk menyampaikah ( krne sedikit berbanding terbalik dgn cerite yg selame ini santer kite dengar dan ketahui ) dan demi berbagi pengalaman malam ini dgn mengucap bismilah kah penulis ceritekah cuma sblm nye permohonan maaf ku sampaikah apebile yg di dlm cerite ini dikde berkecocokan dgn pengalaman para guru, para sahabat pecinta seni budaye kuntau semende.... KUNTAU SEMENDE ade bebehape pembawean 1. pagar tinggi 2.pagar rendah 3 pagar ruyung ade pule guru yg nyebutnye 1.padang tinggi,2 padang rendah 3 padang ruyung -tinggi artinye pembawean si pekuntau kude2 tegak main pucuk - rendah artinye pembawean si pekuntau kude2 endap main bawah ( ampir merayap di tanah ) - pagar ruyung artinye pembawean si pekuntau kude2 sedang namun sedikit ruyung/tunduk mgke disinilah kite dapatkah kate2 PAGARUYUNG yg di ceritekah guru dgn kate lain KANDANG RUYUNG) bukan pagaruyung padang atau pagaruyung yg ade di lahat, kebetulan penulis pernah datangi kesene, dan didke bedie hubunganye... berbicare kandang ruyung/pagaruyung rate2 bahkan hampir sedakdenye untuk di daerah marge sekampung para guru mengajarkah dgn pembawean kude2 tersebut yaitu posisi kude2 sedang, tinggi ige dikde endap ige dikde ) berdasar pengalan penulis ade bebeghape guru pule menceritekah bahwe sutan pamencak mengajarkah kuntau kepade ke bebehaoe murit namun yg terkenal yaitu guru agub yg ahirnye menyebarkan di dareah marge wai tenung, guru tembikil ke daerah marge sekampung, serte para murid nye yg hapat tecerite guru muhamad ani, guru retamin, dll namun kepade para murid nye tersebut dulu hanya mengajarkah jurus tangan kosong yg ahirnye di kuntau semende bename sambut buang, adepun mengenai senjate pisau due lah atas kreasi sandi guru2 yg pernah menjadi murid sultan pamencak sebagai senjate yg ahirnye menjadi senjate khas di dlm kuntau semende Dan disini pule penulis kah becerite sedikit sejarah kuntau semende yg di dpt sandi cerite sandi bebehape alm guru sepuh pule yg pernah di temui penulis yg agak berbeda , namun hampir same nga hasil cerite yg di dpt dri perjalanan metafika bahwasanye : KUNTAU SEMENDE berawal sandi penemun langsung bebeghape guru ' ame mbaini kite myebutnye lah puyang ' Yg bermule di dapat para guru melalui sunggutan yaitu setengah mahluk astral ye menyerupai hewan harimu kumbang, beruk tinggal , siamang putih hitak tangan , siamang hitam putih tangan ( DEDIWEAN ame pribase ninik setupan ( beliau slh satu guru penulis yg meninggal di umur cukup sepuh sekitar kirang lebih 120 tahunan , beliau mantan kepale gn merakse asal aik petai wai tenung) yg ahirnye sandi 4 mhaluk mirip hewan yg menyerupai harimau kumbang, behuk tunggal, siamang itu di dapat tehnik2 kuntau semende 1. setue kumbang di dapat tangkap dan lompatan 2. behuk tunggal di dapat care besilek/ngelak ) 3.4 siamang putih itam tangan, siamang itam putih tangan di dapat pukul dan tangkapan, dan begulilk krne yg due ini ghapat betarung ) dari 4 macam itulah ahirnya tersebutlah kata2 SUNGGUTAN PEMENCAK, yg ahirnya mandak kalimat lagi te adak menjadi SUTAN PEMENCAK ( yaitu kependelan dari kata sunggutan pemencak )( wallahualam bisawab ) Namun dari hal ini apabila kite sambungkah kpd sejarah buktu ilmiah atau fakta, sutan pemencak smpai saat ini blm kite ketawi dimane nian asal beliau itu, ame die jme luk kite pastilah ade anak keturunanye, ame die di padang pastilah ade asal dusunye dan sedikit informasi di padang pun dikde bedie, aliran silat yg memakai senjate pisau due, satu pertanyaan lagi di padang apekah julukan raje atau tokoh dgn sebutan sultan ( untuk hal itu penulis blm mengetahui mungkin keterbatasan pengetahuan penulis ) Dan kembali berbicare 4 sunggutan ada pule keterhunganye antera cerite tsb dgn bukti cara ritual sblm melakukan beduduk kuntau bahwasanya setiap akan beduduk kuntau pasti 4 sunggutan pemencak itu di sebut dalam ritual bukak belabar dan di kaitkan juga dgn pesan salah satu guru penulis pernah di sampaikan sunggutan oemencak badah tunak di belabar gaib dusun kelam gunung dempo namun nasip2n pacak betemu ame melihat njak pesan tsb lah jelas ame ndak betemu nga sunggutan pemencak bkn di daerah padang/minang ( walahu alam bisawab mungkin beda antare sutan pemencak dan sunggutan pemencak ) para sahabat pecinta seni budaye kuntau semende yg aku hormati, itulah sedikit berbagi cerite berdasarkan pengalaman ku sbg penulis yg aku dapat dari beberapa sumber, yg mne sumber itu ade yg njak guru masih beduduk ( idup ) ade yg lah ninggal, dan hal ini blm menjadi final, masih kah terus di cakae sejarah yg lebih pas lagi, namun yg terpenting bukan lah sejarah nye sje namun pelestarian nyate nye yg ndak kite jalankah wasalamualaikum warahmatullah wabarukatuh dewan pendiri/ketue pergurian LASKAR KUNTAU SEMENDE (lantum) ttn IRSI JAYA
Komentar
Posting Komentar